Oleh : Alfonsus Liguori Rianghepat
SMANKEL NEWS.- Dalam rangka pelaksanaan bulan Bahasa tahun 2024, maka SMA Negeri Kelubagolit melaksanakan kegiatan literasi untuk melatih peserta didik untuk bisa lebih giat lagi membaca dari berbagai sumber dan setelahnya dapat menulis apa yang sudah di baca. Program literasi ini sejalan dengan himbauan bapak kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi NTT dengan Gerakan semesta NTT MEMBACA, NTT MENULIS. Hal ini di rasa sangat bermanfaat dan efektif di sekolah yang dapat membantu meningkatkan minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan membangun budaya literasi, mengintegrasikan literasi dalam kurikulum, dan membimbing siswa dalam membaca dan berpikir kritis, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memajukan siswa. Dengan evaluasi yang teratur, program literasi dapat terus ditingkatkan guna memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa dalam menghadapi tantangan dimasa depan.
Pembukaan kegiatan literasi dalam Gerakan semesta NTT membaca, NTT menulis dilaksanakan pada hari jumad, 18 Oktober 2024 dan akan berlangsung secara berkesinambungan setiap hari jumad dengan GERAKAN JUMAD LITERASI. Hal ini disampaikan oleh PLT. Kepala SMA Negeri Kelubagolit dalam rapat persiapan pelaksanaan literasi di SMA Negeri Kelubagolit. “Kita akan secara berkesinambunagn melaksanakan Gerakan ini, karena kegiatan ini sangat penting untuk mengarahkan peserta didik mahir berliterasi, memiliki kepekaan afektif dan estetis untuk memperkuat rasa percaya diri,” ungkap Alfons Rianghepat, Plt. Kepala SMA Negeri Kelubagolit.
Sementara dalam kegiatan hari pertama ini, terlihat antusias peserta didik yang luar biasa. Setelah apel pagi, para siswa di arahkan untuk masuk ke ruang perpustakaan dan memilih sendiri buku bacaan nonpelajaran yang sudah di siapkan. Selanjutnya peserta didik masing masing menujuh ruangan kelasnya masing masing di dampingi oleh walikelas dan guru guru lainnya. Kegiatan ini sendiri dilakukan selama 60 menit (satu jam). 30 menit pertama di manfaatkan untuk membaca dan 30 menit berikutnya peserta didik di berikan kesempatan untuk menulis singkat 3 paragraf buku yang di baca, yaitu paragraph pertama mengenai judul buku yang di baca, paragraph kedua menuliskan secara ringkas isi buku yang di baca, dan pada paragraph yang ketiga Kesimpulan. Tulisan ini lalu dikumpulkan dan menjadi bahan referensi untuk pengembangan minat peserta didik terhadap membaca dan menulis.( R2h)